Rabu, 07 November 2012

Tentang 3 Idiot "aaL izZ welL"

Saat aku mendengar nama film 3 idiot untuk pertama kalinya (waktu SMA dulu), aku sama sekali tak tertarik dengan film itu. Persepsiku film itu berisi tentang komedi-komedi tak penting, entahlah aku dulu emang nggak suka sama yang namanya film India. heheeee peace...!!!



Namun kini aku sadar kalau film itu sangatlah luar biasa, "kemana aja kamu?" itulah ejekan teman-temanku saat aku terkagum-kagum dengan film yang sebenarnya sudah tayang beberapa tahun yang lalu... Bayangkan saja dalam satu minggu kemaren aku sudah nonton film itu 5 kali lebih... UTSpun aku abaikan, bahkan karena terlalu pusing memikirkan UTS kimia yang akan dilaksanakan jam 15.00, waktu itu akupun kembali membuka laptop dan kembali melihat film 3 idiot ini... Alhasil rasa tegang jadi hilang, dan kalimat "AAL IZZ WELL" kini jadi andalanku...
Ya All is Well karena aku yakin Allah bersamaku... heheee :)




Film 3 idiot ini mengandung banyak sekali pesan yang dapat kita ambil dan kita terapkan di berbagai aspek dalam kehidupan ini.
Film ini bercerita tentang tiga orang sahabat yaitu Rancho, Raju, dan Farhan. Mereka tercatat sebagai mahasiswa pada Imperial College of Engineering, yang harus tinggal di asrama hingga selesai menempuh pendidikan. Seperti layaknya jalinan persahabatan lainnya, ketiga pemuda itu melewati hari-hari mereka dalam suka dan duka. Rancho yang merupakan tokoh sentral pada film ini membuktikan bahwa meskipun termasuk mahasiswa bandel, bukan berarti tidak berotak encer.


Dalam hal pendidikan, ketiga mahasiswa itu menyadari bahwa masa depan mereka tidak terletak pada buku-buku teks kuliah, karena yang terpenting justru mengejar mimpi. Di kampus, mereka mempunyai seorang rektor bernama Viru, yang merupakan sosok ortodoks, kolot, keras kepala, dan tidak mempunyai belas kasihan. Alhasil, Viru menjadi musuh bersama. Tidak hanya itu, keberadaan Chatur Ramalingam terasa begitu menyebalkan bagi Rancho, Raju, dan Farhan, karena menghalalkan berbagai cara untuk menjadi nomor satu di kampus.



Dalam satu kesempatan, Rancho mempermalukan Chatur di depan Viru dan teman-teman sekampus. Lantaran kesal, Chatur menantang Rancho, Farhan, dan Raju bahwa 10 tahun ke depan, dia akan lebih sukses dibanding mereka. Hari berganti, tak terasa setelah beberapa tahun lamanya ketiga sahabat itu terpisah. Raju yang akhirnya bertemu Farhan berusaha mencari Rancho. Mereka pun mendapati kenyataan bahwa Rancho yang selama ini mereka kenal ternyata adalah seorang joki.



Tidak hanya menarik, film 3 Idiots pun ingin menyampaikan pesan agar para orang tua tidak terlalu memaksakan kehendak sesuai keinginan mereka kepada anak-anak. Bahagia tidak melulu diukur berdasarkan materi, karena banyak orang yang berlimpah harta tetapi tidak bahagia.

Ciri khas film ini adalah "Aal izZ welL" selalu aku ucapkan sambil menepuk dada mengiringi kata Istighfar disaat hatiku tengah gundah gulana, galau, takut, tegang, de el el deh pokoknya...

Ya semuanya akan baik-baik saja selama kita masih berada di jalan yang benar, lakukan apa yang bisa di lakukan, lakukan apa yang di suka, dan lakukan sesuatu untuk membuat orang lain tersenyum...

SEMANGAT!!!!




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar